10 Cara Menurunkan Berat Badan di Usia 50 Tahun ke Atas

Jum'at, 26 Juli 2024 - 07:00 WIB
loading...
10 Cara Menurunkan Berat...
Menurunkan berat badan di usia 50 tahun ke atas bisa menjadi tantangan tersendiri. Ini karena perubahan metabolisme, penurunan massa otot, dan perubahan hormon. Foto/Mens Health
A A A
JAKARTA - Menurunkan berat badan di usia 50 tahun ke atas bisa menjadi tantangan tersendiri. Ini karena perubahan metabolisme, penurunan massa otot, dan perubahan hormon yang terjadi seiring bertambahnya usia.

Namun, dengan pendekatan yang tepat, penurunan berat badan di usia 50 tahun tetap bisa dicapai. Anda bisa memulainya dengan melakukan perubahan kecil daripada perubahan drastis.

Seperti halnya menerapkan diet seimbang, rutin olahraga dan menghindari stres, dan tidur cukup. Berikut ini adalah 10 cara yang efektif untuk menurunkan berat badan di usia 50 tahun ke atas dilansir dari Health Line, Jumat (26/7/2024).

10 Cara Menurunkan Berat Badan di Usia 50 Tahun ke Atas





1. Konsultasi dengan Dokter


Sebelum memulai program penurunan berat badan, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Mereka bisa memberikan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda, termasuk penyakit kronis atau obat-obatan yang mungkin memengaruhi metabolisme.

2. Menjaga Pola Makan Seimbang


Fokus pada diet yang kaya nutrisi dan seimbang. Pilihlah makanan yang rendah kalori namun tinggi nutrisi seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan lemak sehat. Menghindari makanan olahan dan tinggi gula dapat membantu mengontrol asupan kalori.

3. Makan dalam Porsi Kecil Namun Sering


Makan dalam porsi kecil namun lebih sering dapat membantu menjaga kadar gula darah stabil dan mengurangi rasa lapar yang berlebihan. Ini juga dapat mencegah makan berlebihan pada waktu makan utama.

4. Tetap Aktif secara Fisik


Aktivitas fisik sangat penting untuk membakar kalori dan menjaga kesehatan jantung serta otot. Kombinasi latihan kardiovaskular seperti berjalan cepat, berenang, atau bersepeda, dengan latihan kekuatan seperti angkat beban ringan, dapat membantu meningkatkan metabolisme.

5. Latihan Kekuatan


Seiring bertambahnya usia, kita cenderung kehilangan massa otot. Latihan kekuatan seperti angkat beban atau latihan dengan resistance bands bisa membantu mempertahankan dan meningkatkan massa otot, yang pada gilirannya meningkatkan metabolisme.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1304 seconds (0.1#10.140)